Rabu, 14 November 2012

Hemat Air Yuk !



      Awal september lalu banyak berita mengenai kekeringan di daerah-daerah di Indonesia. Kelangkaan air dimana-mana, air bersih tak lagi tersedia, sampai-sampai ada orang yang mengambil air dari sungai-sungai yang hampir mongering dengan warna air yang keruh dan kualitas airnya tidak terjamin, bersih tidaknya juga tidak terjamin. Ironis memang, di negara yang dikelilingi air ini malah penduduknya kekurangan air.
      Masalah utama dari kekeringan ini sebenarnya adalah bagaimana kita memanajemen air. Ketika musim hujan kita kebanjiran, ketika kemarau panjang kita kekurangan air bersih. Jika setiap orang bisa memanajemen penggunaan airnya dengan baik, berapa banyak air yang bisa kita hemat, berapa banyak air yang bisa kita simpan saat kemarau panjang datang. Jika setiap orang sadar bahwa daerah tangkapan hujan itu penting dan alih-alih terus-terusan membangun bangunan setiap orang memilih untuk menanami tanahnya dengan pepohonan pasti cadangan air tanah kita akan melimpah dan banjir juga terhindarkan. Jika setiap orang menyingkirkan rasa egoisnya sejenak untuk  memiliki sumber airnya sendiri dan menggunakan satu sumur untuk beberapa keluarga, pasti akan lebih efektif dan efisien.
      Terus tanamkan budaya hemat air, menggunakan air lebih efektif dan efisien. Contoh  kecilnya antara lain mematikan keran apabila ari sudah tidak digunakan, segera menutup saluran air yang bocor, mencuci mobil atau motor sendiri dengan air diember daripada dengan menggunakan selang karena penggunaan selang akan lebih banyak membuang air, mengurangi konsumsi air minum kemasan karena dalam proses produksinya air minum kemasan menggunakan lebih banyak air dalam proses pengemasannya, lebih baik memasak air sendiri, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu ditunggu ya.. :)