Jumat, 16 November 2012

Besaran Panjang

    Panjang adalah jarak dalam suatu ruang. Misalnya saja tangan anda, jarak antara siku dan ujung jari terjauh anda disebut pula satu cubit. Ukuran satu cubit ini digunakan selama lebih dari 4000 tahun lalu di Mesir dan Mesopotamia. Piramida sebagai satuan panjang. Piramida besar masa lalu dibangun dengan standar cubit. Karena panjang tangan orang berbeda-beda maka besar satu cubit setiap orang berbeda-beda. Sekarang orang menggunakan meter sebagai satuan SI. Semula satuan meter ditetapkan sebagai jarak antara dua goresan pada meter standar sehingga jarak dari kutub utara ke khatulistiwa melalui Paris adalah 10 juta meter. Meter standar adalah sebuah batang yang terbuat dari campuran platina-iridium.
     Meter standar sulit untuk dibuat ulang. Karena itu, dibuatkan turunan-turunannya dengan proses yang sangat teliti dan disebarkan ke berbagai laboratorium standar di berbagai negara. Standar sekunder inilah yang digunakan untuk mengkalibrasi berbagai alat ukur lain.
     Ada beberapa kendala dalam penggunaan meter standar sebagai standar primer untuk panjang. Pertama, meter standar mudah rusak (misalnya oleh kebakaran) dan jika rusak batang tersebut sukar dibuat ulang. Kedua, ketelitian pengukuran tidak lagi memadai untuk ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Sebagai bukti adalah diperlukannya koreksi-koreksi perhitungan dalam perjalanan misi ruang angkasa.Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, pada pertemuan ke-11 Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran tahun 1960, ditetapkan suatu standar atomik untuk panjang. Pilihan jatuh pada gelombang cahaya yang dipancarkan oleh gas kripton-86 (Kr-86). Satu meter didefinisikan sama dengan 1650761,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 (Kr-86) di dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik (CGPM ke-11, 1960). Meter yang diatomkan ini sama panjang dengan meter standar. Meter ini dibuat ulang dengan ketelitian yang tinggi.
     CGPM adalah singkatan dari Conference Generales des Poids et Measures - Konferensi Umum Timbangan dan Ukuran, yaitu suatu badan yang bernaung di bawah Organisasi Internasional Timbangan dan Ukuran (OIPM-- Organisation Internatinale des Poids et Measures). Tugas badan ini antara lain mengadakan konferensi sedikitnya satu kali dalam enam tahun dan mengesahkan ketentuan baru dalam bidang metrologi dasar. 
Definisi baru satuan meter
     Sejak lama sudah diketahui bahwa laju cahaya dalam vakum adalah tetapan dengan nilai 299792458 m/s, dengan ketelitian sama dengan ketelitian c, yaitu 4 : 10^9 ( lebih teliti daripada menggunakan loncatan listrik oleh atom-atom Kr-86 dengan ketelitian 1:10^8). Karena alasan itulah ahli metrologi sepakat untuk membuang definisi yang berhubungan dengan pancaran atom kripton dan menggantikannya dengan meter  yang berhubungan dengan tetapan c dalam sekon. Definisi baru satuan meter menjadi : "satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya (dalam vakum) dalam selang waktu 1/299792458 sekon" (CGPM ke-17, 1983)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu ditunggu ya.. :)